Pilih Laman

Sumber:https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-coding/

Contoh Coding

Dari penjelasan sebelumnya kamu sudah memahami bahwa coding merupakan kegiatan saat kamu menuliskan kode program menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Sehingga kode program tersebut dapat dipahami dan dijalankan oleh komputer.

Contoh Coding dengan PHP

Sebagai contoh misalnya kamu menuliskan kode program dalam bahasa pemrograman PHP, untuk menampilkan teks “Selamat Datang di Dicoding” seperti berikut.

Saat kamu menuliskan kode program tersebut berarti kamu sedang melakukan ngoding. Kode program tersebut saat kamu jalankan melalui web browser, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah.

Coding PHP Output

Contoh Coding dengan Python

Sama halnya juga ketika kamu menggunakan bahasa pemrograman yang lain, ketika kamu menuliskan kode program dalam bahasa pemrograman yang lain berarti kamu sedang melakukan kegiatan coding. Misalnya kamu akan melakukan operasi penjumlahan menggunakan bahasa pemrograman Python, dengan kode program seperti berikut.

Ketika kamu jalankan kode program operasi penjumlahan menggunakan bahasa pemrograman Python tersebut, maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.

Coding Python Output