Pilih Laman

Sumber : https://www.indozone.id/tech/XxsEg0m/cara-membuat-website-profil-perusahaan-company-profile-dengan-mudah/read-all

Cara Membuat Website Profil Perusahaan dengan Mudah

Website perusahaan secara tidak langsung menjadi cara mengenalkan profil perusahaan kepada publik, termasuk produk, jasa, atau layanan apa yang ditawarkan oleh perusahaan.Untuk membuat website perusahaan sebenarnya tidaklah sulit sama halnya dengan cara membuat website gratis. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dalam pembuatan website perusahaan dengan website biasa.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut ini langkah-langkah cara membuat website perusahaan atau website company profile, dirangkum Indozone dari berbagai sumber:

1. Memilih platform website yang digunakan

cara membuat website profil perusahaan company profile
Ilustrasi membuat website (Unsplash/@domenicoloia)

Langkah pertama sebelum membuat website perusahaan dimulai dari memilih platform website apa yang akan digunakan. Dalam hal ini, Indozone merekomendasikan platform WordPress.

Kenapa menggunakan WordPress? Karena dari kesemua platform website yang ada, WordPress bisa dibilang sangat cocok untuk kebutuhan company profile. Biar lebih profesional, gunakan WordPress.org.

Untuk perusahaan media, WordPress biasa digunakan sebagai perangkat lunak untuk menambahkan konten/isi website atau disebut Content Management System (CMS).

2. Menentukan domain dan hosting

cara membuat website perusahaan company profile dengan mudah
Ilustrasi website (Unsplash/@kevnbhagat)

Setelah memilih platform, langkah selanjutnya kamu harus menentukan nama domain dan hosting yang sesuai supaya website perusahaan kamu bisa diakses semua orang di internet.

Apabila website yang dibuat untuk tujuan bisnis, kamu bisa memilih nama domain yang berekstensi profesional seperti .com, .net, .id, .org, .co.id, dsb.

Nama domain adalah nama atau alamat website yang akan dibuat. Tapi, untuk membuat nama domain sendiri biasa dikenakan biaya berkisar Rp100.000 – Rp150.000 untuk satu tahun masa aktif.

Sementara itu, web hosting adalah sebuah layanan yang menghubungkan website dengan internet. Tanpa hosting dan domain, kamu tidak bisa membuat website.

3. Menginstall WordPress

cara membuat website untuk perusahaan company profile
Platform website WordPress (YouTube/colorlib)

Karena dalam hal ini Indozone merekomendasikan kamu membuat website menggunakan WordPress, maka tutorial cara membuat website untuk perusahaan dilanjutkan dengan menginstall WordPress di hosting kamu.

Ada cara install WordPress paling mudah untuk pengguna baru, yaitu menggunakan fitur One Click Installation (install dengan 1x klik) di Control Panel Hosting.

  • Pertama, masuk dulu dalam hosting account, kemudian carilah tombol Control Panel.
  • Klik pilihan softculous Apps Installer dan pilih WordPress. Klik ‘Install’.
  • Nantinya akan muncul halaman Software Setup, kamu diharuskan menghapus kata yang berada di kolom In Directory untuk menginstall langsung pada website kamu.
  • Klik Install kembali dan tunggulah hingga proses penginstallan selesai. Selanjutnya, website bisa langsung digunakan.

4. Memilih tema WordPress

cara membuat website perusahaan company profile dengan WordPress
Ilustrasi tema WordPress (wordpress.org)

Tampilan website yang baru dibuat pastilah masih sangat kosong. Kamu bisa mulai modifikasi tampilan pada website dengan memilih tema WordPress yang menarik.

Ada lebih dari 5.000+ tema WordPress gratis, menarik dan profesional yang bisa kamu pilih. Inilah mengapa WordPress menjadi salah satu platform terbaik untuk membuat website company profile.

Selain tema, tambahkan juga beberapa halaman seperti Home, About, Contact, dan sebagainya. Rutinlah untuk memposting konten pada website, baik artikel, foto, maupun informasi lain sesuai segmentasi website.

5. Mendesain halaman website perusahaan

cara membuat website profil perusahaan company profile
Ilustrasi website product perusahaan (Unsplash/@igormiske)

Beberapa halaman kosong pada website baru sebaiknya didesain semenarik mungkin. Dengan begitu, siapapun yang berkunjung ke website-mu akan betah berlama-lama. Apalagi, kalau informasi di dalamnya juga bermanfaat.

Desain halaman website bisa dimulai dari halaman depan (Home). Kemudian dilanjutkan dengan mengisi halaman-halaman lain seperti Contact, Product dan Services.

6. Launching website perusahaan

panduan cara website perusahaan company profile dengan mudah
Ilustrasi website baru (Pexels/Christina Morillo)

Sudah mengikuti panduan cara membuat website profil perusahaan dengan WordPress dari awal sampai akhir? Nah, ini saatnya untuk launching website perusahaan yang sudah dibuat.

Jangan lupa, bagikan pula informasi terkait website perusahaan ke media sosial agar semakin banyak orang yang mengunjungi website perusahaan kamu.