Pilih Laman

sumber : https://www.hostinger.co.id/tutorial/cara-install-menggunakan-nano-text-editor/

Cara Install & Menggunakan Nano Text Editor

Pengenalan

Dalam tutorial ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara meng-install dan menggunakan text editor Nano. Bila VIM dan Emacs bisa cukup membingungkan bagi penggunakan baru Linux, maka Nano lebih sederhana dan mudah digunakan. Itu sebabnya mengapa Nano menjadi salah satu text editor yang paling populer untuk UNIX dan sistem lainnya yang berbasis tampilan command line.

Yang Anda butuhkan

Sebelum memulai, yang Anda butuhkan adalah:

  • File paket (package installer) seperti apt-get

Langkah 1 – Meng-install Nano text editor

Tergantung sistem operasi apa yang Anda gunakan, biasanya beberapa diantaranya sudah dilengkapi dengan text editor Nano. Jika Anda sudah memiliki Nano, Anda bisa melewatkan bagian ini dan lanjut ke Langkah 2.

Untuk meng-install Nano text editor, Anda perlu memiliki package installer di sitem Anda, misalnya perintah untuk meng-install Nano di Ubuntu adalah:

sudo apt-get install nano

PENTING: Sudo artinya menjalankan perintah ini sebagai pengguna root, jadi Anda akan diminta untuk memasukkan password bila Anda belum masuk sebagai root pada saat itu.

Setelah proses instalasi selesai, Anda langsung dapat menggunakan Nano text editor. Anda bisa mencobanya dengan mengetikkan perintah berikut:

nano test.txt

Jendela text editor akan terbuka dan bila Anda melakukan perubahan apapun pada file tersebut, akan disimpan dengan nama text.txt. Untuk keluar dari editor, tekan tombol CTRL + X.

Langkah 2 – Menggunakan Nano text editor

Perintah utama untuk membuka text editor adalah:

nano namafile

PENTING: Di bagian namafile Anda bisa menggantinya dengan nama yang Anda inginkan atau yang sudah ada. Jadi jika Anda ingin men-edit file yang sudah ada, Anda harus berada dalam 1 direktori yang sama dengan file. Alternatifnya, Anda bisa menentukan alamat lengkap dimana file berada.

Setelah menjalan perintah, Anda akan dibawa ke jendela text editor dimana Anda mulai bisa bebas menggunakan dan meng-edit file text Anda dengan Nano text editor. Gunakan tombol panah di keyboard Anda untuk menggerakkan kursor pada text.

Nano editor window

Di bagian bawah jendela ini, Anda akan melihat beberapa shortcuts yang bisa digunakan dengan Nanoeditor. Simbol ^ artinya adalah Anda harus menekan tombol CTRL + [Tombol] atau CMD + (Tombol)untuk pengguna Mac, untuk memilih perintah.

Command Explanation
CTRL + A Jump to the beginning of the line.
CTRL + E Jump to the end of the line.
CTRL + Y Scroll page down.
CTRL + V Scroll page up.
CTRL + G This command will bring up a Help window which has information regarding all the commands you can use with the Nano editor.
CTRL + O Basically a save command. When used, you will be prompted to edit or verify the desired file name and after pressing enter, it will save your file.
CTRL + W One of the most useful commands. It’s used to search for a specified phrase in your text. It works much like the usual CTRL+F command on other apps and platforms. To search for the same phrase again press ALT + W.
CTRL + K Cuts the entire selected line to the “cut buffer”.
CTRL + U Pastes the text from the “cut buffer” into the selected line.
CTRL + J Justifies the current paragraph.
CTRL + C Shows the current cursor position in the text (line/column/character).
CTRL + X Exits Nano text editor. In case you made any changes to the file, it will additionally prompt a save request.
CTRL + R Open a file with “Read File” command. Inserts file from disk at the current cursor position.
CTRL + \ Replace string or a regular expression.
CTRL + T Invoke the spell checker, if available.
CTRL + _ Go to specified line and column number.
ALT + A Select text. First, move the cursor to the beginning of a specific part of the text which you want to select, then press ALT + A. Now move the cursor with arrow keys to the right, this will start marking/selecting text. You can combine this command with CTRL + K to cut a specific part of the text to the “cut buffer”.

Beberapa shortcuts diatas adalah perintah dasar yang bisa digunakan di text editor Nano. Untuk perintah lainnya yang lebih lengkap, Anda bisa menekan tombol CTRL + G untuk memunculkan halaman Help.