Pilih Laman

sumber : https://webhostmu.com/plugin-wordpress-yang-wajib-di-install/

plugin wordpress, plugin wordpress yang wajib di install

Salah satu keunggulan WordPress yang diinstal di domain dan hosting sendiri (self hosted), adalah penggunaan PLUGIN yang memungkinkan kita untuk menambahkan fungsi tertentu sesuai kebutuhan.

Contohnya bisa digunakan untuk menambah fungsi toko online, membuat gambar bergerak, membuat slot iklan, memperketat keamanan website, dan lain sebagainya.

Plugin ini bisa juga kita disebut sebagai aplikasi tambahan, mirip senjata yang bisa diganti-ganti sesuai medan perang.

Nah, untuk mengetahui plugin apa saja yang bisa digunakan di WordPress ini, kita bisa lihat di katalog plugin WordPress yang sudah disediakan oleh WordPress.org. Coba klik disini.

Kalau saya tidak salah, sampai saat ini sudah ada kisaran 30.000 plugin dan dibuat oleh berbagai developer dari berbagai belahan dunia. Dan kabar baiknya, semua plugin yang ada disana bisa kita pakai secara gratis.

Luar biasa ya!

Dari sekian banyak plugin itu, selama saya menggunakan WordPress hingga sekarang ini, ada beberapa plugin yang paling sering saya pakai di setiap website WordPress yang saya buat.

Semua plugin tersebut sebagian besar sudah sangat mewakili kebutuhan pembuatan website standar yang saya lakukan.

Antara lain:

  • Untuk mempercepat load website
  • Memperketat keamanan website
  • Memudahkan pengelolaan SEO ONPAGE
  • Membuat form kontak
  • Integrasi dengan social media

Barangkali Anda membutuhkan, berikut ini adalah beberapa rekomendasi plugin WordPress yang wajib di install pada situs WordPress kita.

  1. WordPress SEO by YOAST
  2. WP Super Cache
  3. Akismet
  4. iThemes Security
  5. Contact Forms 7
  6. Jetpack
  7. Genesis Simple Share
  8. Simple Social Icons

Ya, itulah beberapa rekomendasi plugin WordPress wajib dipakai versi saya. Tentunya Anda bisa menambah atau menguranginya sendiri sesuai kebutuhan.