Pilih Laman

sumber : https://bisablog.com/gravatar/

Apa itu gravatar dan kenapa kamu harus memilikinya?

Sebelum muncul gravatar, pengguna internet menggunakan avatar pada forum atau website lainnya sebagai tanda pengenal agar mereka lebih mudah untuk dikenali.

Satu-satunya cara untuk menggunakan avatar adalah dengan mendaftar pada setiap situs yang kamu ikuti. Namun sayangnya tidak semua website membuka pendaftaran yang membuat kamu sulit untuk menggunakan avatar.

Karena itulah ada gravatar.

Gravatar atau Globally Recognized Avatar adalah avatar yang terasosiasi langsung dengan email yang kamu gunakan. Dengan begitu, setiap kali kamu menggunakan alamat email tersebut, maka gambar yang kamu sudah siapkan akan muncul pada situs yang mensupport gravatar.

Jadi apa bedanya dengan avatar?

Secara singkat dapat dikatakan kalau avatar bersifat lokal dan gravatar bersifat global. Ini karena avatar dimasukan secara manual pada setiap website yang kamu ikuti sedangkan gravatar akan secara otomatis muncul pada setiap akun yang berhubungan dengan email yang kamu miliki.

Setiap alamat email yang kamu daftarkan pada gravatar hanya bisa memiliki satu gambar saja, meskipun satu gambar tersebut bisa kamu hubungkan dengan banyak alamat email.

Dan yang paling mengesankan adalah kemampuan gravatar untuk mengelola semua avatar dalam satu tempat saja. Jadi semua perubahan yang kamu lakukan pada akun gravatar akan secara otomatis berlaku pada semua website.

Hmm, itu saja? Apa ada kelebihan lainnya?

Selain mudah dan gratis? tentu saja.

Untuk kamu yang masih belum memiliki gravatar, mungkin beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu.

  • Penggunaan avatar yang konsisten pada semua website. Karena gravatar didesain agar satu alamat email terhubung dengan satu gambar saja yang bisa kamu atur dari satu tempat.
  • Kredibilitas. User yang memiliki profil dan avatar tentu akan memiliki kredibilitas lebih dibandingkan mereka yang tidak memilikinya bukan?
  • Banyak support pada banyak website/blog. Penggunaan gravatar disupport oleh banyak blog/website yang ada. Sehingga gravatar bisa muncul hanya dengan memasukan alamat email ketika kamu meninggalkan komentar pada blog tersebut.
  • Membantu mengembangkan brand yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan logo brand yang kamu miliki sebagai gravatar. Bila kamu aktif menggunakan gravatar dan menggunakan gambar yang sama pada semua akun medsos maka lama-kelamaan user akan dapat mudah mengenali brand tersebut.
  • Mendatangkan trafik. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau cara ini juga bisa mendatangkan trafik ke situs yang kamu miliki. Misalnya saja bila kamu sering berkomentar pada sebuah blog dan banyak membantu orang lain, mereka yang tertarik mungkin akan memeriksa siapa kamu melalui username dan avatar yang kamu gunakan. Bila kamu mengisi data profil dan mencantumkan nama blog/website yang kamu miliki, bukan tidak mungkin mereka juga akan tertarik untuk mengunjunginya.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat dan kelebihannya, saatnya kita membuat gravatar.

Bagaimana cara mendapatkan gravatar?

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, membuat gravatar sangatlah mudah.

Kalau kamu sudah memiliki akun wordpress.com, proses ini akan jauh lebih mudah karena kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk login dan mulai mengatur gravatarmu sendiri.

Tapi login dengan akun wordpress.com bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya di wordpress.org yah! Tidak hanya situs berbasis WordPress saja, kamu bahkan bisa menggunakan gravatar pada situs berbasis Joomla atau Drupal.

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke situs gravatar dan klik tombol Sign In yang terletak pada sudut kanan atas.

daftar-gravatar

2. Setelah itu kamu akan melihat laman login gravatar. Kalau kamu sudah memiliki akun wordpress.com, kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk mulai menggunakan gravatar.

3. Untuk kamu yang belum memiliki akun wordpress.com, klik tautan Create an Account.

login-gravatar-dengan-akun-wordpress

4. Untuk membuat akun baru, kamu hanya perlu memasukan alamat email yang valid, sebuah username, dan password untuk mengamankan akun tersebut. Sistem pada situs ini akan memberitahu bila ada kesalahan yang kamu lakukan dalam pengisian form ini.

Setelah selesai, klik tombol Sign Up.

laman-form-akun-baru-gravatar

5. Kamu akan menerima email dari wordpress.com yang berisi link untuk menverifikasi alamat email yang kamu gunakan.

Dari wordpress.com? Yup, you heard that right?

WordPress dan gravatar sama-sama berada di bawah Automattic, jadi tidak heran kalau integrasi keduanya sangat mudah. Selain kedua layanan ini, memiliki akun wordpress.com juga akan memberikan kamu akses ke layanan lain dari Automattic seperti AkismetPollDaddy, dan VaultPress.

Mengelola gravatar

Setelah kamu memverifikasi akun kamu, saatnya login ke gravatar untuk mulai mengatur tampilan gravatar.

Untuk mulai menambahkan gambar, edit profil kamu dan pilih menu Add an Image.

Untuk menambahkan gambar yang akan kamu gunakan sebagai avatar, kamu bisa menguploadnya dari komputer, mengambilnya dari URL tertentu, atau memotret dari webcam. Pilih salah satunya dan klik tombol Next.

pilihan-upload-gravatar

Setelah selesai, ada opsi untuk memotong foto/gambar dan live preview untuk melihat hasil jadi gravatar secara langsung.

Berikutnya kamu akan diminta untuk memilih rating gravatar. Satu hal yang harus kamu perhatikan, tidak semua website bisa menerima rating PG atau R, apalagi X. Untuk lebih amannya, kamu bisa menggunakan rating G agar gravatar bisa kamu gunakan di mana saja.

pilih-rating-gravatar

Selesai sudah, sekarang alamat email kamu akan selalu terhubung dengan gravatar yang sudah kamu pasang.

Agar gravatar tidak hanya menampilkan gambar profil saja, kamu bisa juga membuat gravatar menampilkan informasi lain.

Untuk mulai menambahkan informasi pada profil kamu, pilih menu My Profile dan isi data-data yang ingin kamu tunjukan seperti nama, lokasi, deskripsi singkat tentang kamu, nama website, sampai nama akun sosmed yang kamu gunakan.

Dengan begitu, orang lain yang tertarik bisa melihat lebih lanjut profil yang kamu masukkan. Dan bukan tidak mungkin hal ini akan menambah trafik ke situs blog yang kamu miliki.

hubungkan-gravatar-dengan-akun-sosial-media-lainnya
Pilihan akun sosmed yang bisa kamu cantumkan pada gravatar