Pilih Laman

sumber : https://iqbalasmar.wordpress.com/2017/09/26/cara-mudah-membuat-aplikasi-menggunakan-mit-app-inventor/

Berikut ini merupakan langkah-langkah mudah untuk membuat aplikasi dengan menggunakan MIT App Inventor :

  1. Membuka MIT App Inventor

Capture

Untuk mengakses MIT App Inventor online, Kita bisa mengunjungi appinventor.mit.edu. Ini adalah homepage MIT App Inventor. Di sini Kita akan dihadapkan pada berbagai informasi seputar App Inventor, termasuk program-program pendidikan yang terkait dengannya. Sebelum menjalankan MIT App Inventor, pilih menu get started untuk mempelajari lebih jauh tentang tata cara memulai menggunakan aplikasi ini.

2. Login menggunakan Akun Google

login ke akun google

Masukkan username dan password akun Google, setelah itu kita akan diarahkan ke halaman permission request yang berisi permintaan izin untuk mengakses beberapa informasi akun Google Anda. Di sini cukup pilih Allow, setujui terms of service yang muncul setelahnya dan aplikasi MIT App Inventor akan terbuka.

3. Membuat Project Baru

Capture1

Kita bisa mulai membuat aplikasi baru dengan mengklik tombol Start New Project atau melalui menu Projects->Start New Project. Selanjutnya beri nama project yang ingin kita buat.

4. Menambahkan Komponen Yang Dibutuhkan

Capture3.PNG

Pada gambar diatas saya memasukkan Button 1 dan Button 2, komponen ini dapat kita temukan pada bagian Palette yaitu di User Interface. Untuk membuat Button 1 dan Button 2 sejajar maka terlebih dahulu masuk ke bagian layout dan memilih HorizontalArrangement. selanjutnya untuk mengubah nama Text for Button 1 menjadi nama yang kita inginkan kita masuk ke bagian properties terdapat kolom text dan silahkan mengubahnya sesuai dengan yang kita inginkan. Capture5.PNG

Selanjutnya masuk ke bagian Media untuk memasukkan suara dan untuk mengoutputkannya melalui android yanmg akan digunakan. cara untuk memasukkannnya dengan mengklik bagian yang diinginkan dan tahan hingga masuk ke bagian button.

5. Mengatur Block Editor

Capture4.PNG

Desain tampilan utama aplikasi telah selesai dibuat. Kini waktunya masuk ke halaman Blocks untuk mulai menyusun sisi backend aplikasi yang ingin dibuat. Untuk melakukannya, klik tombol Blocks yang ada pada bagian kanan atas interface MIT App Inventor. Setelah mengklik tombol tersebut, maka akan berpindah dari jendela designer ke jendela blocks.

6. Memulai Coding Dengan Menggunakan Blocks

Capture6.PNG

Gambar di atas merupakan tampilan dari block yang telah saya buat, dari block tersebut bertujuan untuk mengeluarkan suara pada saat tombol di tekan. yang mana pada saat tombol 1 ditekan akan mengeluarkan suara My Name is Iqbal Kurniawan dan pada saat tombol 2 di tekan akan mengeluarkan suara Hobi Bermain Sepakbola. Untuk memasukkan block yang di inginkan cukup menekan bagian button yang terdapat pada menu Block. untuk mengeluarkan suara yaitu dengan mngklik bagian TextToSpeech yang terdapat di menu Block.

7. Test Aplikasi Yang Telah Dibuat

Capture7.PNG

Setelah semua proses di atas selesai dilakukan, kini tiba saatnya melakukan test aplikasi. Untuk melakukan test, Anda membutuhkan smartphone yang terhubung ke internet. Selanjutnya download MIT AI2 Companion melalui Play Store Capture8.PNGmasukkan kode unik yang muncul saat Anda memilih menu Connect->All Companion pada halaman utama MIT App Inventor. Kita juga bisa memasukkan dengan menggunakan barcode yang tersedia. Pastikan untuk memasukkan kode tersebut saat MIT AI2 Companion telah terinstal pada perangkat Anda. Jika sudah selesai, Anda bisa mulai mencoba aplikasi yang baru saja dibuat melalui smartphone Anda.