Pilih Laman

sumber : https://www.malasngoding.com/membuat-crud-dengan-php-dan-mysql-edit-data/

coba teman-teman perhatikan pada file index.php yang menampilkan data. di sana terdapat link edit yang sudah kita buat untuk mengarahkan halaman ke halaman form edit dengan sekaligus mengirimkan id data yang mau di edit.

dapat teman-teman lihat pada syntax pengalihan ke file edit.php. oleh karena itu kita akan membuat sebuah file dengan nama edit.php untuk membuat form edit. nah form edit ini lah yg nantinya akan kita tampilkan data yang mau di edit di dalam nya. Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL Edit Data

edit.php

sekarang coba teman-teman klik edit pada data user. dan akan muncul data yang bisa di edit di dalam form.

membuat crud dengan php dan mysql edit data

membuat crud dengan php dan mysql edit data

coba perhatikan pada url di atas. url di alihkan sesuai dengan redirect dari edit. dan akan saya jelaskan tentang kegunaan-kegunaan dari syntax-syntax di atas.

coba teman-teman perhatikan pada syntax di atas. karena kita akan bekerja dengan berhubungan dengan database. oleh sebab itu kita hubungkan dulu php dengan mysqlnya.

kemudian kita tangkap data id yang di kirimkan melalui url.

dan kemudian menampilkan data dari database menurut id yang di tangkap ini.

bisa teman-teman lihat pada syntax mysql_query di atas. seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa mysql_query adalah fungsi php yang berguna untuk menjalankan perintah mysql. jadi di sini kita menampilkan data user yang ber id sesuai dengan id yang di kirimkan tadi. pada contoh di atas data yang di tampilkan adalah data user yang ber id 64. dan sehingga di tampilkan lah data user yang ber id 64. yaitu id si bob marley.

dan method pengiriman data pada form ini kita menggunakan post dan action nya ke file update.php

kita juga mengirimkan data id yang sedang di edit ini. agar nanti di file update.php jadi ketauan data yang ber id mana yg akan di ubah. Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL Edit Data

jadi pada saat data submit halaman akan di alihkan ke update.php. oleh sebab itu kita buat lagi sebuah file update.php untuk memproses form ini.

update.php

penjelasan file update.php, kita tangkap dulu data yang di kirim dari form menggunakan method POST sesusi dengan method form yang telah kita tetapkan sebelumnya.

jika teman-teman belum memahami cara pemprosesan sebuah form dengan php, teman-teman bisa melihat tutorial saya sebelumnya tentang form handling di php untuk memahami tentang penggunaan POST dan GET pada PHP.

selanjutnya kita akan mengupdate data dengan perintah mysql juga. menggunakan bantuan mysql_query() untuk menjalankan perintah mysql untuk mengupdate data. jadi di sini kita akan mengupdate data yang ber id sesuai dengan id yang di kirim.

terakhir kita alihkan halaman nya ke index.php kembali sekaligus dengan mengisimkan pesan update. agar pada data user (index.php) bisa kita tampilkan juga pesan notifikasi data berhasil di update.

oke . jadi kesimpulannya

edit.php

update.php

sekarang kita coba merubah data dan klik simpan. Membuat CRUD Dengan PHP Dan MySQL Edit Data

update data pada database dengan php dan mysql

update data pada database dengan php dan mysql

bisa teman-teman lihat pada form edit di atas. yang semula nya alamat si bob marley ini adalah jamaika saya ubah menjadi jakarta. dan pekerjaan yang semula penyanyi saya ubah menjadi musisi. sekarang klik simpan.

membuat crud dengan php dan mysql update data

membuat crud dengan php dan mysql update data

dan data pun berhasil kita update.